بِسْـــــــمِ أللَّهِ ألرَّحْمَنِ ألرَّحِيْمِ
Mungkin, dari kita semua pernah liat website dengan tulisan huruf arab. Dari sana timbul pertanyaan, gimana sich nulisnya. Pake keyboard dengan huruf arab, atau keyboard standart QWERTY. Yang paling mudah pastinya dengan keyboard dengan huruf arab. Lalu bagaimana dengan kita yang menggunakan keyboard standart. Sementar itu kita sangat ingin sekali bisa menulis huruf arab. Masa harus ganti keyboard juga sich. Dilain pihak kita justru lebih sering menggunakan keyboard standart QWERTY.

Jawabannya adalah.... Eng ing eng.... Yup, kita masih bisa menulis huruf arab, meskipun dengan keyboard standart yang kita punya. Caranya.... Dari beberapa percobaan yang pernah saya lakukan. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Dari yang harus install sebuah aplikasi, sampai yang paling gampang dengan memanfaatkan website keyboard huruf arab. Yang banyak bertebaran di jagat internet.

غونأ وأن Itu salah satu contohnya, nama teman saya. Okeh, marilah kita coba belajar sama-sama untuk membuat mimpi itu terwujud.
  • Dengan menginstall aplikasi.
  1. Dowload aplikasi Arabic Keyboard di sini. Save di komputer anda.
  2. Setelah donwload complet. Klik dua kali pada file yang telah di download. Maka akan muncul window seperti di bawah ini. Karena ini merupakan proses installasi, kita seharusnya login dengan user akses tidak terbatas/Administrator.

    Lalu klik Accept (merah).
  3. Setelah itu proses installasi akan berjalan. Program akan mengekstrak beberapa file. Proses ini berjalan otomatis. Setelah proses ekstrak selesai akan muncul window seperti di bawah ini.

    Lalu klik Close (merah) untuk mengakhiri proses installasi.
  4. Proses selanjutnya, kita harus mengkonfigurasi program yang telah selesai kita install. Pada tahap ini kita harus masuk ke dalam Control Panel.

    Klik dua kali icon keyboard (merah).
  5. Setelah itu akan muncul window Keyboard Properties. Pilih tab Input Locales (merah).
  6. Disini kita akan menambahkan Keyboard layout/IME.

    Pertama klik tombol Add (biru). Lalu akan muncul sub window, Add Input Locale (hijau). Pada kolom Keyboard layout/IME (orange), dengan mengklik tanda panah kebawah carilah pilihan Arabic (ISLAM-91). Jika sudah klik tombol Ok (merah).
  7. Karakter huruf sudah kita masukkan ke dalam list (biru).

    Sampai sini selesai sudah konfigurasi kita. Sebelum mengakhiri pastikan kita telah memberi tanda contreng pada kolom Enable indicator on taskbar (kuning). Lalu klik tombol Ok (merah).
  8. Jika di komputer anda memiliki banyak user. Dan user tersebut akan mengaktifkan fasilitas Arabic Keyboard, maka anda harus mengulangi langkah 4-7 di user yang bersangkutan.
  9. Sudah. Belum....
    Untuk setiap mengaktifkan karakter arab, pastikan posis keyboard kita pada posisi Arabic (ISLAM-91) (hijau). Dengan mengklik icon yang ada di taksbar (merah).
  10. Finish. Selamat mencoba dan bereksperiment. Untuk mendapatkan singkronisasi antara keyboard QWERTY dengan keyboard arab, dapat menggunkan tabel dibawah ini. Okeh....
Weleh panjang juga yach. Yo wesss. Kapan-kapan kita lanjutkan lagi untuk cara yang lain. Untuk sementara ini, segini dulu aja yach. Capek nih... Mau minta pijetin eneng dulu ach...

Thank's to Islam Adel for his application software Arabic Keyboard.

0 komentar:

Posting Komentar


 

Copyright 2006| Blogger Templates by GeckoandFly modified and converted to Blogger Beta by Blogcrowds.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.